Rabu, 07 September 2016
Berlangganan

Tips Cara Mengemas atau Mengepak Pakaian Ke Dalam Koper


Anda harus mengetahui bagaimana cara packing koper yang baik sebelum Anda bepergian atau traveling, dan titik fokusnya tentu pada cara menyusun pakaian di dalam koper tersebut secara benar, karena pakaian merupakan komponen utamanya.

Meskipun kelihatannya kecil, namun tas koper mampu menampung banyak barang jika Anda mampu menatanya dengan baik dan juga benar. Penataan atau packing tas koper yang baik dan benar juga akan berpengaruh terhadap kenyamanan ketika anda akan mengeluarkan beberapa barang dari tas anda.

Bagaimana memilah barang-barang bagus yang mau dibawa saat berlibur, memadupadankan berbagai busana dan perlengkapan, hingga memasukkan dan merapikannya ke dalam koper. Bagi sebagian orang, berkemas adalah hal yang menyebalkan karena suka ada saja barang yang tertinggal atau bahkan barang tak penting yang malah terbawa. Inilah saat yang tepat menggunakan kemampuan Anda dalam meng-organize barang-barang dan berkemas dengan ringkas!

Harap diperhatikan, segala jenis aksesoris perawatan tubuh, seperti make up, handbody, termasuk sabun mandi dan shampo harus Anda pisahkan dalam tas khusus, yaitu Toilet Bag Organizer.

Berikut langkah-langkah mengemas pakaian ke dalam koper, seperti diposting pesona.co.id :
  1. Tutupi bagian dasar koper dan bagian atas barang-barang setelah selesai berkemas dengan plastik atau trash bag. Selain meminimalkan kekusutan, juga dapat menghindari isi koper yang basah jika tak sengaja terkena hujan.
  2. Letakkan semua alas kaki di sisi koper bagian bawah, dekat roda dengan sol menghadap dinding koper. Letakkan juga alat-alat berat lainnya seperti hairdryer dan toiletries di bagian tersebut. hal ini menjaga agar koper tetap berdiri stabil saat dalam keadaan tegak.
  3. Mulailah menata bagian dasar koper dengan baju-baju yang digulung. 
  4. Letakkan baju dan celana yang terlipat di bagian atas baju-baju yang tergulung tadi. Penuhi dulu tingkat kedua dari bawah (setelah benda-benda berat tadi).
  5. Naik lagi setingkat di atasnya, letakkan kaos, sweater, atau jaket.
  6. Di sisi paling atas (dekat pegangan koper) letakkan benda-benda yang mudah kusut atau bervolume seperti dress, bra, atau topi. Untuk bra, sumpal cup-nya dengan kaus kaki atau scarf dan jangan dilipat.
  7. Isi bagian sudut koper atau sisi-sisi koper dengan baju renang, hosiery, scarf, atau underwear.
  8. Isi bagian kompartemen koper dengan aksesori yang telah dikemas dengan aman.

Perhatikan juga perbedaan perlakuan terhadap jenis-jenis pakaian, supaya kegiatan berkemas menjadi lebih mudah dan efisien. Berikut ini cara menyusun pakaian ke dalam koper menurut femina.co.id dilihat dari jenis pakaiannya :

Baju
Sesuaikan jumlah baju dengan durasi liburan dan atur padu-padannya sesuai dengan occasion. Bawalah baju dengan siluet yang bervariasi. Tempatkan baju yang Anda pakai di hari terakhir di dasar koper sehingga koper tidak acak-acakan pada saat Anda mengambil baju. Jika tempat Anda menginap mempunyai jasa laundry, pakaian yang dibawa bisa lebih sedikit. Buatlah check list baju apa saja yang harus dibawa.

Pakaian dalam 
Masukkan pakaian dalam di  tas kecil atau kantong di bagian pintu koper agar tetap bersih. Gulung celana dalam dan tata secara berjajar.

Blus dan Kaus
Agar lebih hemat, lipat blus sesuai garis jahitannya dan gulung. Cara ini bisa menghemat lebih banyak tempat dan mengurangi kerutan. Penuhi area kosong di sekitar sepatu dengan gulungan kaus.

Celana dan Jeans
Celana formal, jeans, legging juga dilipat dengan cara digulung. Lipat dahulu menjadi 2 bagian, lalu gulung. Pisahkan antara gulungan blus dan celana.

Rok
Bagi pencinta gaya girlie, fashion item ini bisa memberi sentuhan gaya pada tampilan Anda. Lipat menjadi 2 atau 3 bagian lebar rok, lalu lipat menjadi 2. Letakkan di atas gulungan kaus.

Gaun
Bila Anda membawa gaun pendek, lipat menjadi 2 dan letakkan bersama rok dan jaket. Jika membawa maxi dress, lipat menjadi 3 bagian.

Jaket
Lipat jaket atau blazer ke arah belakang, lalu lipat horizontal menjadi 2 bagian. Walau masih berkerut di bagian leher, cara ini menjaga bagian depannya tetap mulus.

Kemeja
Jika Anda membawa kemeja rapi, cukup melipat kemeja menjadi berbentuk persegi dengan kerah dilipat. Susun di atas semua baju dan pouch, agar kemeja tidak berkerut dan berubah bentuk.


Tip cara mengepak pakaian dalam koper :

  1. Perbanyak baju berwarna netral seperti putih, hitam, atau abu-abu.
  2. Bawa blus bermotif seperti garis-garis untuk memberi aksen pada penampilan, juga 1 blus atau kemeja cantik untuk acara semiformal.
  3. Sesuaikan material baju dengan iklim tempat Anda berlibur. Pilih bahan seperti linen atau katun yang menyerap keringat untuk iklim tropis, dan bahan yang tebal seperti wool dan cashmere untuk udara dingin.
  4. Bila Anda pergi ke daerah dingin jangan terburu-buru membawa semua jaket dan coat yang Anda miliki. Pilih satu trench coat panjang yang cocok dipadankan dengan busana apa pun.
  5. Bawa juga jaket pendek bersiluet keren seperti tailored blazer, biker jacket atau bomber jacket yang kini sedang in. Namun, jika Anda pergi ke daerah pantai atau kota yang bercuaca sedang, cukup bawa 1 kardigan untuk malam hari.


Mungkin Anda Tertarik Juga :