Senin, 05 September 2016
Berlangganan

Ini Dia Oleh-Oleh Khas Bandung Paling Populer


Siapa yang tidak kenal dengan kota Bandung ? Kota kembang yang memiliki julukan paris van java ini memiliki banyak sekali daya tarik. Mulai dari fashion yang selalu menjadi rujukan kota-kota lain, termasuk sebagian warga Jakarta yang rutin setiap bulannya datang ke kota Kembang.

Kota Bandung juga seolah sudah menjadi sebuah magnet yang cukup kuat bagi semua orang untuk datang kesana. Anda bisa datang ke Bandung untuk alasan apa saja mulai dari wisata alam, wisata kuliner sampai wisata belanja.

Menghabiskan satu dua hari tentulah tak cukup untuk menjelajahi Bandung. Anda harus kembali ke kota asal dan beraktifitas seperti biasa. Agar kota ini masih bisa dikenang sampai waktunya Anda kembali lagi menjejaknya, berikut beberapa oleh-oleh khas Bandung yang sebaiknya Anda bawa :

1. Gepuk Nyonya Ong
Gepuk adalah jajanan sekaligus oleh-oleh khas Bandung yang populer di kalangan penikmat perjalanan. Gepuk Nyonya Ong, yang terletak di Jalan Dr. Djunjunan ini tidak pernah sepi dari pembeli setiap harinya. Rasa gepuknya sangat enak karena dibuat dari resep tradisional yang diwariskan secara turun-temurun.

Gepuk adalah makanan olahan dari bahan daging sapi, mungkin di lain daerah disebut empal. Bentuknya sedikit aneh, yaitu potongan daging yang di-geprek dan ditipiskan lalu dirangkai dengan lidi. Tujuannya mungkin agar daging tidak hancur sewaktu dimasak.

Tak hanya empal atau Gepuk daging sapi, Gepuk Nyonya Ong juga menawarkan oleh-oleh dari bahan ayam. Gepuk sendiri memiliki beberapa varian rasa seperti Beef Lesss Sugar, Beef Salty, Beef Extra Pedas, dan Beef Original. Tersedia pula Chicken Spicy dan Chicken rasa Original. Gepuk Nyonya Ong lebih lezat disantap bersama sepiring nasi hangat yang asapnya masih mengepul.

Alamat Gepuk Nyonya Ong: Jalan Dr. Djunjunan No. 155E, Bandung – Jawa Barat

2. Oncom
Jika Anda sedang mencari oleh-oleh khas Bandung, jangan lupa memasukkan Oncom dalam daftar belanjaan. Pendeknya, kuliner tradisional yang satu ini mempunyai rasa yang khas dan unik. Oncom adalah produk olahan yang terbuat dari kacang yang sudah difermentasi. Dalam pengolahan selanjutnya, Oncom dijadikan sebagai bahan baku pembuatan sejumlah masakan lezat, seperti Oncom Goreng dan lain-lainnya.

Oncom Raos adalah salah satu tempat di Bandung yang menyediakan berbagai jenis olahan Oncom. Oncom Raos sendiri sudah terkenal sejak 40 tahun lalu dengan sejumlah jajanan lainnya, seperti sale pisang, aneka keripik, dan manisan buah. Tidak sulit menemukan lokasi Oncom Raos karena letaknya tidak jauh dari pusat perbelanjaan Cihampelas Walk.

Alamat Oncom Raos: Jalan Cihampelas No. 91 B, Bandung – Jawa Barat

3. Pisang Bolen
Belum lengkap membeli oleh-oleh Bandung jika tidak menyertakan Pisang Bolen di dalamnya. Oleh-oleh khas Bandung yang satu ini rasanya sangat lezat dan seringkali membuat orang ketagihan.

Kartika Sari adalah salah satu pusat oleh-oleh di Bandung yang menyediakan Pisang Bolen dalam rasa asli. Pisang Bolen di tempat ini sudah terkenal sejak tahun 1970 dan hingga kini originalitas rasanya masih tetap terjaga. Bisa dibilang, Pisang Bolen Kartika Sari adalah pelopor produk Pisang Bolen di Jawa Barat dan tempat ini wajib Anda kunjungi saat berlibur di Kota Kembang.

Pisang Bolen Kartika Sari menyediakan beberapa varian rasa, seperti rasa keju, coklat, coklat keju, dan durian. Ingin mencari jajanan kuliner lainnya? Jangan khawatir, pusat oleh-oleh Kartika Sari juga menyediakan bermacam-macam pastry isi buah dan kue-kue lezat seperti risoles, bagelen, kroket, brownies kukus rainbow, dan pastel.

Alamat Kartika Sari: Jalan H. Akbar No. 4 Kebun Kawung, Bandung – Jawa Barat.

4. Picnic Roll Prima Rasa
Warga Bandung memang tidak pernah kehabisan inovasi dalam menciptakan berbagai kuliner lezat. Picnic Roll adalah salah satunya. Tak butuh waktu lama, kuliner yang satu ini sudah populer di hati banyak orang karena rasanya yang unik dan lezat. Picnic Roll dibuat dari daging olahan yang dicincang dan telah dibumbui sebelumnya. Daging cincang ini selanjutnya dimasukkan dalam kulit pastry serta ditambah irisan telur rebus, kemudian dipanggang sampai warnanya berubah kecoklatan.

Picnic Roll ini pertama kali diproduksi oleh toko bahan kue Prima Rasa. Tersedia dua varian Picnic Roll, yaitu rasa daging sapi dan daging ayam. Selain membuat Picnic Roll, di Prima Rasa juga tersedia Mousse Cake, Pudding Mousse, dan Brownies.

Alamat Picnic Roll Prima Rasa: Jalan Kemuning, Bandung – Jawa Barat

5. Tas dan Sepatu Cibaduyut
Berkualitas tidaklah harus berarti produk luar negeri (import). Bagi Anda yang suka mengoleksi sepatu dan tas, terutama dari bahan kulit, Anda sebaiknya mengunjungi kawasan Cibaduyut. Di kawasan ini, Anda akan menemukan deretan toko dengan display sepatu dan tas yang beraneka ragam.

Secara umum, produk yang ditawarkan di Cibaduyut lebih didominasi dengan produk sepatu dan tas terbuat dari kulit. Meski produk asli dalam negeri, kualitasnya tidak kalah dengan produk impor. Selain itu, desain produknya juga menarik dan up to date sehingga terlihat modis ketika dikenakan. Selain sepatu dan tas, juga tersedia sandal, dompet, ikat pinggang, dan aksesoris yang terbuat dari bahan kulit.

Bagi yang suka selfie, senang mendokumentasikan momen2 berharga, termasuk juga selfie dengan lokasi dimana oleh-oleh khas Bandung ini dijual, sebaiknya sudah membawa Tongsis dari rumah, khususnys tongsis kabel lipat yang lebih praktis. Jika belum punya, Anda bisa membelinya secara online di toko barang unik atau toko aksesoris handphone


Mungkin Anda Tertarik Juga :